IBX5980432E7F390 Stadion dan Lapangan Sepakbola di Kota Depok - Depok Netizen

Stadion dan Lapangan Sepakbola di Kota Depok


Depok Netizen - Hingga tahun 2020 ini di Kota Depok terdapat beberapa stadion serta lapangan, baik yang dimiliki pemerintah maupun yang dimiliki oleh instansi maupun swasta. Stadion Merpati, Stadion Mahakam dan Stadion Sukatani ketiganya merupakan stadion milik Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Untuk lapangan, ada lapangan Rangkapan Jaya, lapangan Taman Jawa dll. Stadion-stadion milik instansi atau swasta, ada Stadion UI milik Universitas Indonesia. Lapangan milik instansi jumlahnya lebih banyak karena setiap instansi biasanya memiliki fasilitas lapangan sendiri, seperti instansi PLN, Pertamina, Brimob POLRI, TNI dan lain-lain.

STADION MERPATI
Jl. Gelatik Raya Perumnas Depok 1
Kel. Depok Jaya, Kec. Pancoran Mas
Kapasitas : 3.000 penonton



Stadion Merpati, Depok
Stadion Merpati, Depok
Berlokasi di dalam perumahan Perumnas Depok 1 Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas. Salah satu sisi stadion ini berada di sisi jalan Gelatik Raya, bukan di sisi jalan Merpati. Tapi untuk pintu utama stadion memang menghadap Jalan Raya Merpati. Entah kenapa lebih sering dan populer disebut dengan Stadion Merpati. Dahulu sebelum menjadi stadion masih berupa tanah lapang, memang masyarakat warga perumnas Depok menyebutnya dengan Lapangan Merpati yang ketika itu sangat sering digunakan berbagai aktivitas seperti bermain atau pertandingan sepakbola, olahraga siswa-siswa SD dan SMP hingga untuk pelaksanaan sholat Ied.


Stadion Merpati Depok, Lapangan Bola Merpati Depok
Di dalam Stadion Merpati, Depok
Stadion dan Lapangan Bola di Depok
Sudut lain Stadion Merpati, Depok
Stadion Merpati awalnya diproyeksikan setara dengan stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Tapi jika melihat faktanya, rasa-rasanya masih dibawah level stadion Pakansari. Iya nggak?

Stadion Merpati, Depok dilihat dari atas
Stadion ini mengalami beberapa kali renovasi dan penataan ulang. Biaya pembangunan, renovasi dan penataan ulang Stadion Merpati sepenuhnya dibiayai dari APBD. Pada bulan Maret 2020, prasasti Stadion Merpati telah ditandatangani (pada hari yang sama juga ditanda-tangani prasasti Stadion Mahakam).

Dengan kapasitas tampung 3.000 penonton, menjadikan Stadion Merpati menjadi stadion yang terbesar di Kota Depok. Dahulu stadion ini pernah menjadi homebase atau markas dari klub sepakbola legendaris Depok, PERSIKAD. Khabarnya, klub Persikad yang baru (Persikad 1999) tidak lagi bermarkas di stadion ini, namun mengajukan markas baru yaitu di Stadion Mahakam.


STADION MAHAKAM
Jl. Rasamala Raya, Depok Timur
Kel. Bakti Jaya, Kec. Sukmajaya
Kapasitas 2.000 penonton

Stadion dan Lapangan Sepakbola di Kota Depok
Stadion Mahakam, Depok
Stadion terbesar kedua di Kota Depok ini merupakan markas dari klub sepakbola Depok United FC. Stadion Mahakam dinilai paling strategis lokasinya dibandingkan dengan Stadion Merpati. Maka tidak heran bila kemudian Persikad 1999 juga mengajukan diri agar stadion ini menjadi homebase atau markas bagi Klub Persikad 1999.

Sebelum renovasi dan penataan, kapasitas stadion Mahakam hanya menampung 1.000 penonton. Kemudian daya tampungnya ditingkatkan menjadi 2.000 penonto atau dua kali lipat dari kapasitas sebelumnya. Pembangunan dan penataan stadion Mahakam pernah mendapatkan biaya bantuan dari gubernur (BanGub) Jawa Barat pada tahun anggaran 2018.


STADION MINI SUKATANI
Jl. Dongkal
Kelurahan Sukatani, Kec. Tapos


Stadion Mini Sukatani, Tapos, Depok
Pintu Masuk Stadion Mini Sukatani sebelum dilakukan Renovasi
Nama stadion ini sama persis dengan stadion yang berada di Kabupaten Bekasi, bedanya "Sukatani" yang di Kabupaten Bekasi merupakan nama sebuah Kecamatan, sedangkan "Sukatani" yang di Depok merupakan nama Kelurahan yang berada di Kecamatan Tapos, Kota Depok. Jadi jika anda mencari di internet dengan kata kunci "stadion mini sukatani" maka yang akan banyak muncul adalah yang ada di Bekasi. Kenapa? Karena stadion yang ada di Bekasi tersebut terhitung sangat aktif digunakan berbagai kegiatan dan banyak yang mempostingnya di berbagai media sosial.
Lapangan dalam stadion Mini Sukatani, Tapos, Depok
Lapangan dalam stadion Mini Sukatani, Tapos, Depok
Dibandingkan dengan dua stadion sebelumnya yang disebut di atas, stadion yang lokasinya berada di Jalan Dongkal, Kelurahan Sukatani ini terhitung kecil dari segi kapasitas sehingga disebut sebagai stadion mini. Saat tulisan ini diturunkan, Stadion Mini Sukatani Depok sedang dalam proses renovasi.
Stadion di Depok
Pintu Masuk Stadion Mini Sukatani Depok dalam tahap renovasi

STADION UI
Stadion di Depok
Stadion UI, Depok
Stadion UI ini berada di dalam kompleks Universitas Indonesia, Depok. Selain lapangan bola, di dalam stadion juga terdapat lintasan atletik yang jalur lintasannya menggunakan karet sehingga lebih nyaman digunakan. Rumput yang digunakan adalah rumput sintetis. Terdapat menara lampu sorot lapangan yang berjenis LED dengan kualitas penerangannya yang sangat baik.

stadion UI, Depok
Tampak dalam stadion UI, Depok

Lapangan PSSN / Tirta Bromolathi
Kp. Panggulan, Kel. Pengasinan
Kecamatan Sawangan, Depok
Stadion dan Lapangan Sepakbola di Kota Depok
Lapangan PSSN, Sawangan, Depok
Lapangan ini sempat dikira sebagai tempat latihan Liverpool Academy. Bukan apa-apa karena di dalam lapangan terdapat tulisan "YNWA" dan logo klub Liverpool. So, sampai-sampai ada yang memberi nama lapangan ini pada peta sebagai lapangan Liverpool Academy Sawangan. 

Walau bukan stadion, tapi kualitas lapangan sepakbola ini bisa dikatakan jempolan loh. Wajar kalau lapangan ini dibuat bagus dan berkualitas dunia sebab PSSN merupakan Pusat Studi Sepakbola Nusantara. Lapangan ini bukanlah milik pemkot Depok, PSSI maupun KONI, tapi ternyata milik sebuah komunitas dimana di komplek lapangan terdapat pendopo atau pondokan dari komunitas tersebut.

0 Komentar Untuk "Stadion dan Lapangan Sepakbola di Kota Depok"

Posting Komentar