IBX5980432E7F390 Universitas Negeri dan Swasta di Depok - Depok Netizen

Universitas Negeri dan Swasta di Depok


DepokNetizen - Ada dua perguruan tinggi besar di Kotamadya Depok, yang pertama adalah perguruan tinggi negeri sangat ternama yaitu Universitas Indonesia dan yang kedua adalah perguruan tinggi swasata yang juga cukup dikenal namanya yaitu Universitas Gunadarma. Kehadiran kedua perguruan tinggi tersebut, mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan kota Depok.


Diluar dua perguruan tinggi ternama tersebut, ada beberapa perguruan tinggi negeri lain seperti Politineknik Negeri Jakarta (PNJ) dan sekolah tinggi swasta lain seperti UPN Veteran Jakarta, STT Terpadu Nurul Fikri, STEI SEBI, STIH IBLAM, BSI / Bina Sarana Informatika (Diploma 2), STIAMI (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia), STIE Fajar, Politeknik LP3I dan lain-lain. 

Universitas Indonesia (UI)
Nama universitas ini pasti sudah pasti hampir semua orang sering mendengarnya, ya Universitas Indonesia (UI) adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang masih menjadi perguruan tinggi negeri favorit dan incaran calon mahasiswa di Indonesia. Kampus universitas yang terkenal dengan julukan The Yellow Jacket ini letaknya berbatasan langsung dengan wilayah Jakarta Selatan. Menempati areal seluas kurang lebih 320 hektar dimana hanya sebesar 30 persen yang digunakan untuk sarana akademik, riset dan kemahasiswaan. Sisanya sebesar 70 persen dari 320 hektar tersebut merupakan ruang hijau terbuka dimana sebagian masih berupa hutan dengan pohon-pohon besarnya.
Universitas Indonesia, Depok
Sebelumnya, Kampus UI ini berada di Jalan Salemba, Jakarta Pusat. Karena pesatnya perkembangan jumlah mahasiswa dan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan maka kemudian sebagian besar kegiatan belajar mengajar dipindahkan ke tempat yang baru yaitu di kampus yang baru dibangun di Depok secara bertahap.

Universitas Gunadarma (Gundar)
Awalnya, Gunadarma pertama kali berdiri di Kota Depok, tepatnya di Kel. Pondok Cina, Kecamatan Beji, Jl. Margonda Raya Depok. Kemudian, Gunadarma pun kian berkembang sehingga kampusnya tidak hanya berada di Jl. Margonda saja, tetapi juga ada beberapa kampus yang terletak di Jl. Komjen Polisi M. Jasin (Jl. Akses UI Kelapa Dua). Selain di Kota Depok, kampus Gunadarma juga merambah kota lain seperti Jakarta, Bekasi (Jl. Raya Kalimalang) dan Tangerang.

Universitas Gunadarma, Depok
Universitas Gunadarma, Depok
Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)
Perguruan Tinggi ini lokasinya berada di dalam komplek Universitas Indonesia, Depok. Awalnya PNJ adalah bagian dari Universitasa Indonesia karena merupakan fakultas non gelar teknologi Universitas Indonesia (FNGT-UI). Dalam perkembangannya kemudian berubah menjadi Politeknik Universitas Indonesia pada 20 September 1982. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 207/0/1998 maka sejak 25 Agustus 1998, Politeknik UI menjadi mandiri dan berganti nama Politeknik Negeri Jakarta.


Politeknik Negeri Jakarta, Depok
Politeknik Negeri Jakarta, Depok


UPN Veteran Jakarta
Universitas Pembangunan Nasional atau disingkat UPN merupakan salah satu universitas yang sudah dikenal lama. Dahulu letak kampus baik kampus 1 maupun kampus 2 UPN Veteran Jakarta ini berada dalam wilayah administrasi Jakarta Selatan. Salah satu Kampusnya ada yang di Jl. Limo Raya No.8, Kec. Limo Depok. Sedangkan kampus utamanya di Jl. Pangkalan Jati, letaknya berada di dua wilayah yaitu Jakarta Selatan dan sebagian besar Depok.


STEI SEBI
Kampus STEI SEBI Depok
Kampus STEI SEBI Depok
STEI merupakan singkatan dari Sekolah Tinggi Ekonomi Islam. Kampusnya berada di Jl. Raya Bojongsari, Kec. Sawangan. Hanya ada program studi di Kampus ini yaitu Perbankan Syariah dan Akuntansi Syariah. Di kampus yang terbilang asri ini tersedia Asrama Putri.


STIE Manajemen Bisnis Indonesia
Kampus yang terletak di Jl. Komjen Pol. M. Jasin (Akses UI) No.89, Tugu, Cimanggis ini tidak jauh dari Fly over UI ke arah Kelapa Dua tepatnya berada di sebelah kiri setelah jembatan Sungai Ciliwung.


STT Terpadu Nurul Fikri (STT NF)
Lengkapnya bernama Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri dan dikenal dengan STT NF. Sekolah Tinggi ini berdiri sejak tahun 2012. STT NF berawal dari penyelenggara pelatihan komputer spesialisasi Linux dan Open Source yang pertama di Indonesia. Kemudian berkembang menjadi penyelenggara pendidikan yang setara dengan Diploma 1 (D1) dan Diploma 2 (D2) dan akhirnya menjadi STT NF dengan dua program studi yaitu Sistem Informasi dan Teknik Informatika. 
STT Terpadu Nurul Fikri, Depok
STT Terpadu Nurul Fikri, Depok
Kampus utama STT NF berlokasi di Jl. Situ Indah No.111, Tugu, Cimanggis, Depok. Nomor hotline yang dapati dihubungi yaitu 085716243174 atau  021-7863191.


STIH IBLAM
Kampus utama STIA IBLAM berada di Jakarta tepatnya di Jl. Kramat Raya No.25, Senen, Jakarta Pusat. Sedangkan di Depok yang merupakan Kampus B terletak di Jl. Raden Sanim No.99, Tanah Baru, Beji, Depok. Nomor telepon yang dapat dihubungi yaitu 021-7764310.


STIE Fajar
Kampus STIE Fajar ada di Jalan Raya Sawangan No.112, Kel. Pancoran Mas, Kec. Pancoran Mas. Program studi yang ada di kampus ini yaitu D3 dan S1 Akuntansi serta S1 Manajemen.


STAI Al Hamidiyah
STAI kependekan dari Sekolah Tinggi Agama Islam. Kampusnya berada di Jalan Raya Sawangan No.12, Kel. Rangkapan Jaya, Kec. Pancoran Mas. Kampusnya menyatu dengan Pondok Pesantren Alhamidiyah. 



STIKES Raflesia
Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Depok
Kampus STIKES Raflesia
Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Raflesia berada di Komplek Pondok Duta, Jl. Mahkota Raaya No.32 B, Cimanggis, Depok. Mempunyai dua program studi yaitu S1 Kesehatan dan D3 Akademi Keperawatan. Kampus tersebut merupakan gedung milik sendiri yang dibangun sejak tahun 1992. Fasilitas kampus terdiri dari laboratorium, klinik, perpustakaan, WiFi, Asrama Putra dan Putri, Koperasi, Kantin, Masjid dan area parkir yang luas

Institut STIAMI
Insitut ini mempunyai beberapa kampus yang tersebar di Jakarta, Depok dan Tangerang Selatan. Untuk STIAMI di Depok mempunyai 2 kampus, yaitu Kampus A di Jl. Ir. Juanda No.63 Telpon 021-77215526 dan Kampus B di Jl. Raya Citayam No.6 Telpon 021-77803155. Program studi yang ada di Kampus A dan Kampus B Depok yaitu D3 Manajemen Perpajakam, D3 Adm. Bisnis, D4 Akuntansi Bisnis, S1 Adm Publik, S1 Adm Niaga, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Pariwisata dan S1 Logistik.


Sebagai informasi tambahan, berikut ini adalah daftar kampus atau sekolah tinggi yang pernah ada di Depok dan telah dinonaktifkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional melalui Direktorat Pendidikan Tinggi pada tahun 2015 yaitu :
  1. Akademi Manajemen Informatika Dan Komputer Gici
  2. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  3. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Hidayatullah

Semoga bermanfaat.

0 Komentar Untuk "Universitas Negeri dan Swasta di Depok"

Posting Komentar